Analisis Produk Oreo (STP,SWOT,4P)

Analisi Produk Oreo ( STP, SWOT, 4P )



picture from pinterst

STP Oreo

 Segmentation

Segmentasi pasar adalah proses  pemilahan atau pembagian pasar ke dalam beberapa kelompok pelanggan (sub-market) yang memiliki karakteristik sama  dalam kebutuhan dan sikap, dan diharapkan akan memberikan respon yang sama terhadap penawaran yang disampaikan. Produk oreo ini manglakuakn strategi diferensiasi kemasan sebagai metode penerapan market segmentation. Biscuit oreo mengeluarkan  produk dengan kemasan yang berlabel harga Rp 2000 dan Rp 3000. Hal ini dilakukan agar produk oreo dapat menembus warung-warung kecil di pelosok perkotaan dan pedesaaan., karena selama ini akibat harga yang lumayan mahal, oreo hanya sering kali ditemukan di toko atau swalayan.

Targeting

Produk oreo memilih target pasar konsumen dengan latar belakang keluarga yang bahagia. Hal ini dilakukan agar setiap orang dari berbagai tingkat ekonomi dapat menikmati produk yang enak, serta berkualitas. dengan target pasar yang demikian, diharapkan produk Oreo dapat menjadi pilihan dari semua orang yang ingin menikmati biscuit yang berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.

 Positioning

Dalam pemasaran, positioning adalah cara yang dilakukan oleh marketer untuk membangun citra atau identitas di benak konsumen untuk produk, merek atau lembaga tertentu. Positioning adalah membangun persepsi relatif satu produk dibanding produk lain. Oreo mengkomunikasikan kepada masyarakat bahwa produk yang di buatnya berdasarkan standar mutu yang sangat ketat, diolah dengan bahan pilihan sehingga biscuit oreo merupakan biscuit yang berkualitas dan menyehatkan bagi keluarga. Oreo senantiasa menjaga agar komunikasi pemasaran mereka tetap konsisten, hal ini dilakukan dengan cara melakukan iklan secara berkala di media massa. Brand oreo terus menjaga kepribadian produknya nya sebagai biscuit anak yang menyenangkan.

 

SWOT Oreo

Analisis SWOT produk oreo :·

Strength ( Kekuatan )

 1.Bahan produk yang terjamin sehat dan higenis

 2.Memiliki ciri khas tampilan yang berbeda

 3.Harga yang cukup terjangkau

 

Weakness (Kelemahan)

1.Produknya mudah ditiru

2. Tidak cocok bagi konsumen yang tidak suka coklat

Opportunity (peluang)

1.Budaya masyarakat yang konsumtif

2.Tempat yang strategis

3.Ciri khas tampilan yang menarik dan  mudah diingat

Threat (Ancaman)

1.Produknya mudah ditiru dalam segi produksinya

 

picture from pinterst


4P Oreo

Strategi Produk Oreo:

Oreo adalah merek biskuit terkemuka yang kehadirannya tersebar di ratusan negara. Produk utama Oreo adalah dua wafer coklat yang dipisahkan oleh isian krim yang dikenal dengan Chocolate Sandwich. Namun ada perkembangan yang lebih besar dalam hal peluncuran varian berbeda dari produk Oreo untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang lebih besar. Mereka bervariasi dalam bentuk, rasa dan beberapa di antaranya berbeda dari kue sandwich. Faktor utama adalah desain produk dari berbagai varietas yang telah menarik basis pelanggan yang besar untuk produk tersebut. Juga kemasan untuk produk Oreo telah memainkan peran penting dalam meningkatkan popularitas produk. Produk oreo umumnya dianggap memiliki rasa yang lebih enak dan promosi dunk and dip cookie semakin meningkatkan fitur ini.

Harga Oreo 

Harga produk Oreo berada di level yang lebih rendah untuk memenuhi strategi penetapan harga pesaing. Awalnya Oreo memilih strategi harga pemasaran yang lebih rendah untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih tinggi di negara-negara seperti India. Kemudian ketika popularitas Oreo meningkat di pasar yang baru masuk, itu meningkatkan harga produk. Variasi ukuran kemasan yang dijual dengan harga berbeda juga membantu merek mendapatkan pengaruh yang lebih baik dalam hal volume di seluruh negeri. Oreo pada awalnya diluncurkan untuk menangkap pangsa pasar perkotaan sehingga terjadi sedikit kenaikan harga produk.

 Tempat Oreo 

Oreo menggunakan jaringan Mondelez yang tersebar luas untuk membuat produk tersedia bagi konsumennya. Ada fasilitas manufaktur yang tersedia di setiap benua untuk berbagai produk Oreo yang memenuhi kebutuhan dan kepekaan pelanggan. Diperkirakan bahwa Oreo telah tersedia di hampir 100 negara berbeda di seluruh dunia. Dan juga  telah meningkatkan aksesibilitas dan jangkauan produk di seluruh negeri yang mencakup daerah pedesaan dan perkotaan.

 Promosi Oreo 

Oreo telah sangat menggunakan media visual dalam hal periklanan televisi dan media cetak di mana Oreo menjadi lebih dikenal. Ini menargetkan remaja dan anak-anak dengan konsep periklanan. Ada promosi yang baik dalam hal tampilan toko dan kampanye luar ruangan selama peluncuran awal merek di berbagai negara. Media sosial adalah platform lain yang digunakan oleh merek untuk menjangkau konsumen sasarannya.





0 Comments