Analisis Produk Oreo (STP,SWOT,4P)
Analisi Produk Oreo ( STP, SWOT, 4P )
picture from pinterst |
STP Oreo
Segmentation
Segmentasi pasar
adalah proses pemilahan atau pembagian
pasar ke dalam beberapa kelompok pelanggan (sub-market) yang memiliki
karakteristik sama dalam kebutuhan dan
sikap, dan diharapkan akan memberikan respon yang sama terhadap penawaran yang
disampaikan. Produk oreo ini manglakuakn strategi diferensiasi kemasan sebagai
metode penerapan market segmentation. Biscuit oreo mengeluarkan produk dengan kemasan yang berlabel harga Rp
2000 dan Rp 3000. Hal ini dilakukan agar produk oreo dapat menembus
warung-warung kecil di pelosok perkotaan dan pedesaaan., karena selama ini
akibat harga yang lumayan mahal, oreo hanya sering kali ditemukan di toko atau
swalayan.
Targeting
Produk oreo
memilih target pasar konsumen dengan latar belakang keluarga yang bahagia. Hal
ini dilakukan agar setiap orang dari berbagai tingkat ekonomi dapat menikmati
produk yang enak, serta berkualitas. dengan target pasar yang demikian,
diharapkan produk Oreo dapat menjadi pilihan dari semua orang yang ingin
menikmati biscuit yang berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.
Positioning
Dalam pemasaran,
positioning adalah cara yang dilakukan oleh marketer untuk membangun citra atau
identitas di benak konsumen untuk produk, merek atau lembaga tertentu.
Positioning adalah membangun persepsi relatif satu produk dibanding produk
lain. Oreo mengkomunikasikan kepada masyarakat bahwa produk yang di buatnya
berdasarkan standar mutu yang sangat ketat, diolah dengan bahan pilihan
sehingga biscuit oreo merupakan biscuit yang berkualitas dan menyehatkan bagi
keluarga. Oreo senantiasa menjaga agar komunikasi pemasaran mereka tetap
konsisten, hal ini dilakukan dengan cara melakukan iklan secara berkala di
media massa. Brand oreo terus menjaga kepribadian produknya nya sebagai biscuit
anak yang menyenangkan.
SWOT Oreo
Analisis SWOT
produk oreo :·
Strength ( Kekuatan )
1.Bahan produk yang terjamin sehat dan
higenis
2.Memiliki ciri khas tampilan yang berbeda
3.Harga yang
cukup terjangkau
Weakness (Kelemahan)
1.Produknya mudah
ditiru
2. Tidak cocok
bagi konsumen yang tidak suka coklat
Opportunity
(peluang)
1.Budaya
masyarakat yang konsumtif
2.Tempat yang
strategis
3.Ciri khas
tampilan yang menarik dan mudah diingat
Threat (Ancaman)
1.Produknya mudah
ditiru dalam segi produksinya
picture from pinterst |
Strategi
Produk Oreo:
Oreo adalah merek
biskuit terkemuka yang kehadirannya tersebar di ratusan negara. Produk utama
Oreo adalah dua wafer coklat yang dipisahkan oleh isian krim yang dikenal
dengan Chocolate Sandwich. Namun ada perkembangan yang lebih besar dalam hal
peluncuran varian berbeda dari produk Oreo untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
yang lebih besar. Mereka bervariasi dalam bentuk, rasa dan beberapa di antaranya
berbeda dari kue sandwich. Faktor utama adalah desain produk dari berbagai
varietas yang telah menarik basis pelanggan yang besar untuk produk tersebut.
Juga kemasan untuk produk Oreo telah memainkan peran penting dalam meningkatkan
popularitas produk. Produk oreo umumnya dianggap memiliki rasa yang lebih enak
dan promosi dunk and dip cookie semakin meningkatkan fitur ini.
Harga Oreo
Harga produk Oreo
berada di level yang lebih rendah untuk memenuhi strategi penetapan harga
pesaing. Awalnya Oreo memilih strategi harga pemasaran yang lebih rendah untuk
mendapatkan pangsa pasar yang lebih tinggi di negara-negara seperti India.
Kemudian ketika popularitas Oreo meningkat di pasar yang baru masuk, itu
meningkatkan harga produk. Variasi ukuran kemasan yang dijual dengan harga
berbeda juga membantu merek mendapatkan pengaruh yang lebih baik dalam hal
volume di seluruh negeri. Oreo pada awalnya diluncurkan untuk menangkap pangsa
pasar perkotaan sehingga terjadi sedikit kenaikan harga produk.
Oreo menggunakan
jaringan Mondelez yang tersebar luas untuk membuat produk tersedia bagi
konsumennya. Ada fasilitas manufaktur yang tersedia di setiap benua untuk
berbagai produk Oreo yang memenuhi kebutuhan dan kepekaan pelanggan.
Diperkirakan bahwa Oreo telah tersedia di hampir 100 negara berbeda di seluruh
dunia. Dan juga telah meningkatkan
aksesibilitas dan jangkauan produk di seluruh negeri yang mencakup daerah
pedesaan dan perkotaan.
Oreo telah sangat
menggunakan media visual dalam hal periklanan televisi dan media cetak di mana
Oreo menjadi lebih dikenal. Ini menargetkan remaja dan anak-anak dengan konsep
periklanan. Ada promosi yang baik dalam hal tampilan toko dan kampanye luar
ruangan selama peluncuran awal merek di berbagai negara. Media sosial adalah
platform lain yang digunakan oleh merek untuk menjangkau konsumen sasarannya.
0 Comments