Waktu Efektif Untuk Belajar

 Waktu Yang Efektif Untuk Belajar



picture from google

Belajar merupakan kegiatan yang senantiasa dilakukan oleh semua individu. Baik anak -anak, remaja maupun yang sudah dewasa bahkan lanjut usia semua pasti sering menerapkan kegiatan belajar dalam kesehariannya. 

Namun pernahkah kamu mengalami kesuliatan saat belajar? Seperti susah mengingat materi atau topik yang dibahas atau bahkan tak jarang juga tidak bisa mengerti tentang apa yang dipelajari?
Kalau begitu, siapa yang salah? Tentunya bukan kamu. Banyak faktor seseorang mengalami hal tersebut semisal kurangnya tidur atau tidak terisinya perut bisa membuat seseorang yang sedang belajar berkurang konsentrasinya untuk perfikir atau fokus tentang apa yang dipelajari.

Namun bukan hanya itu saja, tahukah kalian..
Terdapat beberapa waktu yang memang direkomendasikan untuk kita belajar, otak biasanya akan lebih refresh untuk menerima informasi. Jadi kapan waktu terbaik untuk belajar?

1. Pada jam 9 - 11 pagi

 Saat jam 9 - 11 pagi otak memiliki hormon korsitol/stress yang cukup baik sehinga dapat memfokuskan otak untuk lebih konsentrasi.
Hal ini cocok dilakukan untuk untuk mengerjakan tugas yang membutuhkan konsentrasi.

2. Pada jam 11 - 2 siang

 Saat jam 11 - 2 siang, sangat cocok untuk mengerjakan tugas atau analisa yang sulit. 
Dikarenakan hormon melatonin/hormon tidur sedang sangat menurun, sehingga otak lebih siap untuk belajar atau mengerjakan pekerjaan yang sulit.

3. Jam 6 - 8 malam

Saat jam 6 - 8, merupakan waktu yang tepat untuk mengerjakan sesuatu yang ringan semisal membaca buku atau review materi. Dikarenakan otak memproduksi hormon melatonin pada tahap yang masih rendah.


4. Jam 10 +

Pada jam 10 keatas merupakan jam yang perlu digunakan untuk beristirahat. Berhenti dari tugas atau pekerjaan, agar kualitas tidur memiliki manfaat salah satunya membuat otak refresh untuk siap kembali mengerjakan tugas di esok hari.



Demikian informasi waktu - waktu yang tepat untuk belajar, semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Terimakasih:)






0 Comments