Analisis Produk Safi (STP, SWOT, 4P )
Analisis Produk Safi ( STP, SWOT, 4P )
Picture from google |
STP Safi
Segmentasi
Segmentasi pasar adalah proses pemilahan atau pembagian pasar ke dalam beberapa kelompok pelanggan (sub-market) yang memiliki karakteristik sama dalam kebutuhan dan sikap, dan diharapkan akan memberikan respon yang sama terhadap penawaran yang disampaikan. Produk Safi menerapkan Market Segmentation ke dalam produknya. Dimana safi memiliki rangkaian atau varian yang berbeda disetiap series produknya tergantung kebutuhan dan masalah kulit yang di alami calon konsumen.
Safi merupakan brand kecantikan asal negri jiran Malaysia, Safi resmi hadir di Indonesia. Merek rangkaian perawatan kulit dari negeri jiran ini diklaim halal, terbuat dari bahan alami, dan telah teruji di Safi Research Institute yang ada di Malaysia.
Dalam peluncurannya safi menargetkan produk ini untuk dijangka oleh semua kalangan. Dengan harga yang dimulai dari Rp.20.000 membuat produk ini bisa dibeli oleh setiap kalangan.
Targeting
Produk Safi memiliki banyak varian, karena brand ini menargetkan produknya untuk dipakai oleh setiap kalangan wanita. Dimulai dari permasalahan kulit remaja hingga kebutuhan kulit dewasa semuanya safi hadirkan dengan berbagai macam varian rangkaian perawatan wajah.
Positioning
positioning adalah cara yang dilakukan oleh marketer untuk membangun citra atau identitas di benak konsumen untuk produk, merek atau lembaga tertentu. Produk Safi sedari awal diluncurkan di Indoneisa dengan mengklaim bahwa produknya merupakan skincare yang halal dan ramah untuk wanita muslimah.
Analisis SWOT Safi
Strenght (kekuatan)
- Produk Dijamin halal dan sudah mendapatkan sertifikat Halal dari Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).
- memiliki harga yang relatif terjangkau di setiap rangkaian produknya.
- Mudah di temukan produknya
Weakness (kelemahan)
- memiliki efek kepada pengguna yang tidak cocok dengan rangkaian produk Safi
Oppourtunity (peluang)
- Skincare bagi Wanita tidak akan ada habisnya, hal ini menjadikan peluang bagi Safi untuk selalu berinovasi.
- Ciri khas tampilan yang menarik dan mudah diingat
Threat (ancaman)
- skincare halal sebelumnya sudah ada dan ramai di Indoneisa, hal ini merupakan suatu persaingan diantara kedua produk tersebut.
Picture by me |
Analisis 4P Safi
Produk
Produk safi memiliki kandungan habbatus sauda yang terkenal dengan sebutan seed of blessing, dipercaya dapat mengobati segala penyakit. Antioksidannya juga melindungi kulit dari radikal bebas dan bikin kulit sehat, terlihat cerah, dan segar. Karena kandungan alaminya itu produk-produk Safi ini aman untuk semua jenis kulit. Dan produk skincare asal Malaysia ini diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui. Menurutnya bahan alami tersebut sangat aman, dijadikan berbagai produk perawatan dan dailycare, seperti sabun, sampo, deodoran, pasta gigi hingga krim perawatan kulit
Price
Dilihat dari situs iprice.co.id produk Safi memiliki kisaran harga mulai dari Rp,20.000- Rp,90.000 . Tentunya Produk ini sangat affordable untuk kalangan wanita dewasa hingga remaja di indonesia.
Place
Safi memasarkan produknya secara luas. Safi mudah di temukan di Mall, Drugstore bahkan Produknya menjangkau daerah - daerah kecil pada toko kosmetik yang ada di negri ini.
Promotion
Safi menggunakan influncer terkenal untuk memperkenalkan produk- produk terbarunya. Pada akun sosial medianya Safi dilihat aktif hingga saat ini pengikutnya di instagram @safiindonesia telah berjumlah 297 ribu pengikut.
0 Comments