Analisis Produk Safi (STP, SWOT, 4P )

 Analisis Produk Safi ( STP, SWOT, 4P )

Picture from google


STP Safi

Segmentasi

Segmentasi pasar adalah proses  pemilahan atau pembagian pasar ke dalam beberapa kelompok pelanggan (sub-market) yang memiliki karakteristik sama  dalam kebutuhan dan sikap, dan diharapkan akan memberikan respon yang sama terhadap penawaran yang disampaikan. Produk Safi menerapkan Market Segmentation ke dalam produknya. Dimana safi memiliki rangkaian atau varian yang berbeda disetiap series produknya tergantung kebutuhan dan masalah kulit yang di alami calon konsumen.

Safi merupakan brand kecantikan asal negri jiran Malaysia, Safi resmi hadir di Indonesia. Merek rangkaian perawatan kulit dari negeri jiran ini diklaim halal, terbuat dari bahan alami, dan telah teruji di Safi Research Institute yang ada di Malaysia.

Dalam peluncurannya safi menargetkan produk ini untuk dijangka oleh semua kalangan. Dengan harga yang dimulai dari Rp.20.000 membuat produk ini bisa dibeli oleh setiap kalangan.

Targeting

Produk Safi memiliki banyak varian, karena brand ini menargetkan produknya untuk dipakai oleh setiap kalangan  wanita. Dimulai dari permasalahan kulit remaja hingga kebutuhan kulit dewasa semuanya safi hadirkan dengan berbagai macam varian rangkaian perawatan wajah.

Positioning

positioning adalah cara yang dilakukan oleh marketer untuk membangun citra atau identitas di benak konsumen untuk produk, merek atau lembaga tertentu. Produk Safi sedari awal diluncurkan di Indoneisa dengan mengklaim bahwa produknya merupakan skincare yang halal dan ramah untuk wanita muslimah.


Analisis SWOT Safi

Strenght (kekuatan)

- Produk Dijamin halal dan sudah mendapatkan sertifikat Halal dari Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

- memiliki harga yang relatif terjangkau di setiap rangkaian produknya. 

- Mudah di temukan produknya 


Weakness (kelemahan)

- memiliki efek kepada pengguna yang tidak cocok dengan rangkaian produk Safi


Oppourtunity (peluang)

- Skincare bagi Wanita tidak akan ada habisnya, hal ini menjadikan peluang bagi Safi untuk selalu berinovasi.

- Ciri khas tampilan yang menarik dan mudah diingat


Threat (ancaman)

- skincare halal sebelumnya sudah ada dan  ramai di Indoneisa, hal ini merupakan suatu persaingan diantara kedua produk tersebut.


Picture by me


Analisis 4P Safi

Produk

Produk safi memiliki kandungan habbatus sauda yang terkenal dengan sebutan seed of blessing, dipercaya dapat mengobati segala penyakit. Antioksidannya juga melindungi kulit dari radikal bebas dan bikin kulit sehat, terlihat cerah, dan segar. Karena kandungan alaminya itu produk-produk Safi ini aman untuk semua jenis kulit. Dan produk skincare asal Malaysia ini  diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui. Menurutnya bahan alami tersebut sangat aman, dijadikan berbagai produk perawatan dan dailycare, seperti sabun, sampo, deodoran, pasta gigi hingga krim perawatan kulit

Price

Dilihat dari situs iprice.co.id produk Safi memiliki kisaran harga mulai dari Rp,20.000- Rp,90.000 . Tentunya Produk ini sangat affordable untuk kalangan wanita dewasa hingga remaja di indonesia.

Place

Safi memasarkan produknya secara luas. Safi mudah di temukan di Mall, Drugstore bahkan Produknya menjangkau daerah - daerah kecil pada toko kosmetik yang ada di negri ini.

Promotion

Safi menggunakan influncer terkenal untuk memperkenalkan produk-  produk terbarunya. Pada akun sosial medianya Safi dilihat aktif hingga saat ini pengikutnya di instagram @safiindonesia telah berjumlah 297 ribu pengikut.





0 Comments